Oleh: admin1970 | 31 Maret 2008

PROBIOTIK, PREBIOTIK DAN SINBIOTIK


Probiotik adalah bakteri hidup yang diberikan sebagai suplemen makanan yang mempunyai pengaruh menguntungkan pada kesehatan pada manusia dan binatang, dengan memperbaiki keseimbangan mikroflora intestinal. Mikroflora yang digolongkan sebagai probiotik adalah yang memproduksi asam laktat terutama dari golongan Lactobacilli dan Bifidobacteria..

Probiotik yang efektif harus memenuhi beberapa kriteria :

1) memberikan efek yang menguntungkan pada host, 2) tidak patogenik dan tidak toksik, 3) mengandung sejumlah besar sel hidup, 4) mampu bertahan dan melakukan kegiatan metabolisme dalam usus, 5) tetap hidup selama dalam penyimpanan dan waktu digunakan, 6) mempunyai sifat sensori yang baik, 7) diisolasi dari host.

Efek kesehatan yang menguntungkan dari probiotik adalah :

1) memperbaiki keluhan malabsorsi laktosa, 2) meningkatkan ketahanan alami terhadap infeksi di usus, 3) supresi kanker, 4) mengurangi kadar kholesterol darah, 5) memperbaiki pencernaan, 6) stimulasi imunitas gastrointestinal.

Prebiotik adalah nondigestible food ingredient yang mempunyai pengaruh baik terhadap host dengan memicu aktivitas, pertumbuhan yang selektif, atau keduanya terhadap satu jenis atau lebih bakteri penghuni kolon. Prebiotik pada umumnya adalah karbohidrat yang tidak dicerna dan tidak diserap, biasanya dalam bentuk oligosakarida dan serat pangan.

Food ingredient yang diklasifikasikan sebagai prebiotik harus:

1) tidak dihidrolisa dan tidak diserap dibagian atas traktus gastrointestinal sehingga dapat mencapai kolon tanpa mengalami perubahan struktur dan tidak diekskresikan dalam feses

2) substrat yang selektif untuk satu atau sejumlah mikroflora yang menguntungkan dalam kolon, jadi memicu pertumbuhan bakteria

3) mampu merubah mikroflora kolon menjadi komposisi yang menguntungkan kesehatan

Sinbiotik (Eubiotik) adalah kombinasi probiotik dan prebiotik. Penambahan mikroorganisme hidup (probiotik) dan substrat (prebiotik) untuk pertumbuhan bakteri misalnya fructooligosaccharide (FOS) dengan bifidobacterium atau lactitol dengan lactobacillus. Keuntungan dari kombinasi ini adalah meningkatkan daya tahan hidup bakteri probiotik oleh karena substrat yang spesifik telah tersedia untuk fermentasi sehingga tubuh mendapat manfaat yang lebih sempurna dari kombinasi ini.

About these ads

Responses

  1. Pak, saya Marcel, koordinator asisten biokimia. BLogny bagus banget. Bisa jadi alternatif media penulisan ilmiah, patut di promosikan nih

  2. He…,he..he…, ketemu lagi nich, terimakasih tanggapannya, boleh juga tuch dipromosiin, mau nyumbang tulisan bagus juga……Rencananya mau buka kategori pencarian literatur (jurnal) pangan international free/gratis, kira2 mahasiswa pada mau tidak ya…..tapi waktunya masih susah sih he..he…Semoga bermanfaat.

    tks,
    arif hartoyo

  3. Bapak Yang Terhormat…

    Mohon Bimbingannya Terkait dengan pemanfaatan serat pangan untuk membuat minuman. hal ini saya perlukan sebagai dukungan skripsi saya.

    Trimakasih

  4. Silakan mas Fahmi kontak saya or ketemu langsung juga boleh tapi janjian dulu ya. Mas Fahmi posisi di mana?

    salam,
    ahartoyo

  5. bapak saya mau tanya tentang :

    bakteri apa saja yang termasuk golongan probiotik?

    • lho mas kan ada contohnya di artikelnya…dicermati ya.tks

  6. Salam kenal Pak. Saya petenak broiler,sdh 4 periode sy meninggalkan anti biotik krn ada teman ksh sy probiotik dan hasilnya bagus. Sy ingin berkonsultasi dg bapak tentang probiotikbagaimana caranya sy bs ketemu Bapak.
    Salam.

    • @alfie: salam kenal juga. Silakan kontak saya aja lwt telp or e-mail. tks

  7. Saya setuju dengan adanya probiotik bisa meningkatkan efisiensi pakan pada ternak sampai 30-50 %, terbukti kami sudah nyoba ADG meningkat..ini kan menjadi solusi para peternak….joss..probiotik.
    Pakan jenis konsentrat yang di tambahkan probitik diberikan pada sapi perah adakah pengaruh negatif pada produk susunya?

  8. Salam hormat,..bgs bngt artikelnya.Saya praktisi kesehatan jg nyambi peternakan dan pertanian.Aplikasi pro n prebiotik sudah dilakukan pd manusia,hewan dan tanaman dalam prinsip yg sama tp dlm metode yg berbeda.istilahnya back to the nature lah,dan memang hasilnya baik sekali dan bermamfaat dlm wkt yg lama..hanya 1 kendala adalah menyamakan persepsi yg sama di masyarakat…salut buat bapak.

    • @isni: tks mbak. Tapi omong-omong, persepsi mana yg harus disamakan?

  9. penelitian mengenai sinbiotik memang menarik dan sudah memperlihatkan tanda-tanda positif. Semoga ke depan terlihat kemajuannya.

    • betul mas, sedang jadi tren sekarang. Mudah-mudahan banyak yang mendapatkan manfaat.tks

  10. Mohon informasi merk sinbiotik utk anak sy umur 4 tahun. Makasih

  11. Pak, kalau yogurt susu jagung dengan menggunakan BAL probiotik, apakah bisa disebut sinbiotik?

    • @nur aeni: bisa aja mbak, yg penting di situ ada pre dan probiotiknya. salam

  12. Bapak yang baiiikkk..kalo probiotik yang untk pakan ternak biasanya bentuknya seperti apa?cair atau padat dan kalau boleh tahu,merk nya apa?terimakasih.

  13. kalau penggunaan probiotik dan prebiotik dlm penggunaan makanan dan minuman fermentasi ??

  14. Pak saya petani udang vanami di lamongan baru kali ini saya menggunakan probiotik hasilnya lumayan bagus.yang saya tanyakan:
    1.ada kendala udang saya pertumbuhanya tidak merat
    2.pengguna probioti apa perlu juga pemberian pupuk SP,dan urea.
    Tolong penjelasanya?

    • @suprapto: wah kalo probiotik untuk budidaya udang saya gak tahu pak Prapto. Hayo siapa yg bisa bantu beliau? Salam

  15. salam pak…maaf mo numpang nanya pak? kalau dalam membuat minuman sinbiotik pencampuran prebiotik sebaiknya dilakukan saat selesai membuat minuman probiotik atau bagaimana ya? mungkin tidak ya pak saat kita menambahkan prebiotik pada penyimpanan minuman sinbiotik tersebut prebiotik yang ditambahkan menjadi berkurang? :-) lalu bagaimana sebaiknya ya pak?

    • @dewi: prinsipnya mengkondisikan proses supaya bakterinya tetap hidup

      • gmna klu pke fermentasi langsng dgn bakterinya…

  16. slm kenal pak, ada usuln penelitian ttg konversi pakan ternak menjd probiotik shg nantix pnggunaan probiotik lbh efisien lg krn lngsng dr pakan trnak misalnya.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.181 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: