Oleh: admin1970 | 4 November 2010

5 Cara Membuat Anak “Gila” Membaca!


Judul di atas meniru gaya bahasa buku-buku yang banyak beredar sekarang he.he. Biar keren. Coba sekali-kali anda menyempatkan diri untuk berkunjung ke toko buku di kota anda. Anda akan dapati banyak judul buku dengan gaya bahasa sejenis. Cara cepat mengajari anak matematika, 3 hari sukses membuat anak rajin belajar…dan seterusnya.

Ini cerita tentang anak saya. Bagaimana kami (saya dan isteri) membuat anak-anak kami “gila” membaca. Ya, anak kami 3 orang, semuanya sama : GILA MEMBACA! Kalau sudah membaca, bisa seharian, bahkan makanpun menjadi lupa kalau tidak diingatkan atau dipaksa. Topiknyapun macam-macam, bisa pengetahuan umum, komik, tebak-tebakan dan tentunya pelajaran mereka di sekolah. Mereka masih anak-anak, umur 5, 8 dan 11 tahun, bukan sekedar hobi tapi sudah berubah menjadi “kegilaan”! Bagaimana mereka bisa begitu? Bagaimana caranya? Inilah kuncinya : “Membuat Anak Gila Membaca”

Sebenarnya mudah kok, bukan suatu rahasia. Tapi meskipun bukan rahasia, banyak orang tahu, namun banyak yang tidak melakukannya. Inilah tips kami, siapa tahu bermanfaat buat anda:

1. Memberi contoh
Inilah kunci pertama, memberi contoh. Kebetulan kami berdua memang hobi membaca, tapi belum sampai “gila”. Kami secara rutin membeli buku, majalah, koran sebagai sarana menyalurkan hobi kami. Dengan cara ini, secara alami dalam alam bawah sadar, anak-anak sejak kecil bahkan sejak bayi diajarkan pada hobi membaca ini. Diajarkan bahwa membaca itu asyik. Jika anda bisa membuat anak pertama anda “gila” membaca, semakin mudah anda menjadikan anak ke 2, 3 dan seterusnya menjadi “gila” juga he..he..Karena adik-adiknya akan meniru kakaknya.

2. Kenalkan membaca sejak kecil
Ke tiga anak kami sudah bisa membaca sebelum mereka masuk TK! Kok bisa? Ya bisa la yau. Di sini peran istri yang dominan. Setelah tertarik dengan buku, majalah dan bacaan, mulai diperkenalkan dengan cara membacanya dari yang sederhana. Buku-buku bergambar dengan tulisan/huruf yang besar-besar mulai diperkenalkan. Membacakan cerita-cerita di buku menjelang tidur.

3. Pahamkan Manfaat dan Pentingnya Membaca
Dengan bahasa yang sederhana sesuai usia mereka, jelaskan dan pahamkan apa yang bisa diperoleh, manfaat dan pentingnya bisa membaca dan bagaimana ruginya kalau gak bisa membaca. Jelaskan dengan contoh-contoh sederhana. Kunci ilmu pengetahuan adalah membaca. Kalau tidak punya kuncinya berarti menjadi manusia yang tidak berpengetahuan dan bodoh. Makanya harus punya kuncinya yaitu bisa membaca!

4. Beri Fasilitas
Istri rajin sekali mencari buku-buku anak, majalah anak tapi yang bekas, biar murah. Toh isinya tidak berkurang nilainya, tapi tujuan tetap tercapai. Selain itu kami rutin minimal 2 bulan sekali, mengajak anak-anak ke toko buku dan membiarkan mereka memilih buku yang mereka senangi. Tentu saja tetap kami seleksi dan kami batasi, misal masing-masing cukup 2 buku. Dengan cara ini, sampai saat ini terkumpul ratusan judul buku dan majalah di rumah kami sampai rak buku tidak cukup. Padahal buku-buku akan terus bertambah seiring bertambahnya usia mereka……

5. Kurangi Aktifitas Nonton TV
Nonton tv bukan aktifitas yang haram bagi kami, masih banyak sisi positifnya. Namun demikian kami tidak membiarkan kami dan anak-anak kami habis waktu untuk menonton tv seharian. Ada pilihan, ada seleksi. Ada yang boleh dan tidak boleh di tonton. Dengan cara ini, anak-anak akan belajar dengan sendirinya apa yang baik dan tidak baik, yang boleh dan tidak boleh. Dan akhirnya memang anak-anak lebih suka membaca dari pada menonton.

Itu saja 5 tips/cara sederhana dari kami yang membuat anak-anak kami menjadi gila yang positif yaitu “Gila” membaca. Semoga bermanfaat. Pasti anda punya cara sendiri tentunya, silakan tambahkan…..

About these ads

Responses

  1. Masukan yang bagus….bisa diterapkan.., trims
    Karcax

  2. untuk mengajak anak2 usia pra sekolah untuk belajar membaca bisa, pak? saya punya keponakan seusia itu, sayang kalo todak dilatih sejak dini. tq infonya, pak… :)


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.184 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: