Oleh: admin1970 | 20 April 2008

Zat Kimia Di Botol Plastik Bisa Berbahaya


Okezone. 16 April 2008

WASHINGTON – Bahan kimia pada plastik kemasan makanan dan minuman, termasuk botol susu bayi, memiliki kaitan erat dengan munculnya kanker payudara dan pubertas dini.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Program Toksikologi Nasional, yang merupakan bagian dari Institut Kesehatan Nasional Amerika, pemerintah Amerika meminta Badan Makanan dan Minuman untuk meneliti ulang kandungan bahan kimia Bisphenol A dan keamanannya, untuk digunakan pada produk-produk balita dan anak-anak.

Bahan kimia bernama Bisphenol A atau yang biasa disebut BPA ini banyak digunakan pada produk-produk seperti botol susu bayi dan plastik yang digunakan untuk menutupi kaleng susu formula.

“Bukti-bukti yang kami temukan memberikan keraguan pada pernyataan Badan Makanan dan Minuman yang menyatakan bahwa BPA memiliki kadar aman untuk kesehatan. Saya harap mereka mau mengkaji ulang peraturan penggunaan BPA untuk menjamin kesehatan generasi mendatang,” ujar anggota komisi energi dan commerce Amerika John Dingell, seperti dikutip Reuters, Rabu (16/4/2008).

Bisphenol A biasa digunakan untuk memproduksi plastik polikarbonat dan lilin. Bahan kimia ini juga bisa ditemui dalam kemasan makanan, minuman, CD dan beberapa perangkat medik seperti kemasan pasta gigi. (srn)


Responses

  1. assalualaikum.. kalo memang bahan2 untuk kemasan tersebut berbahaya, kenapa masih tetap di pakai? apakah tidak bisa diganti dengan yang lainnya??

    • Sebenarnya masing2 ada spesifikasinya, cuma pemakainya yg mungkin tidak tau atau memang bandel…he..he..Jadi kita yang mau pake yang harus hati-hati. Teliti sebelum memakai…salam


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: