Oleh: admin1970 | 22 April 2008

Waspadai Pewarna Jeli


Dari segi kesehatan, jeli sering mengandung bahan-bahan tambahan yang kurang baik bagi kesehatan anak-anak. Salah satu bahan tambahan yang harus dikritisi adalah bahan pewarna. Aturan Depkes telah memberikan pedoman jenis-jenis pewarna apa saja yang boleh digunakan (food grade) dan yang dilarang untuk makanan (non food grade). Harus diwaspadai karena; tidak sedikit produsen jeli yang menggunakan pewarna non food grade karena harganya murah juga memiliki stabilitas dan tingkat kecerahan lebih baik.

Meskipun pewarna yang digunakaan tergolong ke dalam jenis yang diijinkan (food grade), masalahnya tidak lantas selesai. Pewarna makanan ada dua jenis, yaitu natural dan sintesis. Pewarna natural diekstraksi dari bahan-bahan alami. Sedangkan, pewarna sintesis dibuat dari bahan-bahan kimiawi yang tidak berbahaya. Untuk jenis pewarna kimiawi dosisnya pun dibatasi.

Bahan pembentuk gel ada beberapa macam. Beberapa yang cukup terkenal adalah karagenan, agar-agar, dan gelatin. Karagenan dan agar-agar berasal dari bahan rumput laut yang aman dari segi kehalalan. Sedangkan gelatin, merupakan bahan yang perlu diperhatikan lagi kehalalannya karena berasal dari hewani.

Banyak produsen yang melakukan pencampuran bahan dengan komposisi tertentu. Kemungkinan ini menimbulkan masalah tersendiri dari segi kehalalan. Kalau bahan gel dari karagenan sebenarnya tidak masalah. Proses ekstraksinya juga aman, karena dapat dilakukan dengan pelarut air. Akan tetapi, jika jeli tersebut berasal dari gelatin atau campuran dari berbagai bahan, di situlah mulai muncul masalah. Sebab gelatin sampai sekarang masih merupakan bahan yang sangat layak dicurigai kehalalannya. Oleh karena itu, kita perlu senantiasa memastikan kehalalan makanan jeli dengan mengkonsumsi jeli yang sudah tersertifikasi halal oleh LPPOM MUI. tim lppom mui

Sumber ; Republika


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: