Oleh: admin1970 | 29 April 2008

Gonjang-Ganjing Namru-2, Bagaimana Pendapat Anda?


Okezone. 27 April 2008

AKARTA – Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari memiliki kewenangan untuk mengusir Naval Medical Research Unit Two (Namru-2) dari Tanah Air.

Jika Menkes tidak berani melakukannya, maka hal itu akan menimbulkan pertanyaan. “Penguasa Depkes ya Menkes. Beliau punya wewenang untuk mengusir Namru dari kantornya. Atau Menkes dapat arahan dari atasannya untuk membiarkan Namru, seperti halnya ketika menyerahkan Blok Cepu kepada Exxon?” tegas anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Marwan Batubara dalam pesan singkatnya kepada okezone, Minggu (27/4/2008).

Politisi asal Jakarta ini menantang Menkes dan Presiden SBY untuk segera mengusir Namru dari Indonesia. “Buktikan kalau Menkes, SBY, dan rakyat berdaulat. Usir Namru dari Depkes dan Indonesia sekarang juga! Kok kita biarkan ada negara dalam negara?” tandas dia.

Sementara anggota Komisi I DPR Mutammimul Ula mengatakan, pemerintah sebaiknya menghentikan operasi laboratorium Namru dan mengambilalihnya.

“Selama 30 tahun, Namru tidak memberikan manfaat nyata bagi kepentingan kesehatan maupun aspek keterlibatan sektoral bidang pertahanan. Draf baru MoU yang dirilis Departemen Luar Negeri baiknya tidak dilanjutkan,” cetus dia.

Dia berpendapat, alasan tidak perlunya perpanjangan MoU dengan Namru adalah karena Indonesia sudah menjalin kerja sama dengan berbagai institusi global seperti WHO, untuk menjalankan riset dan transfer data. “Sehingga tidak terlalu diperlukan perpanjangan formal Namru,” tegas politisi PKS ini.

Bahkan, sambung dia, pemerintah harus segera melakukan penyelidikan terkait adanya dugaan aktivitas intelijen yang dilakukan. “Jika memang Namru bukan fasilitas rahasia dan tidak melakukan kegiatan mata-mata, maka Kedubes AS harus membuktikan itu dengan data dan fakta,” imbuh Mutammimul.

Bagaimanapun juga, Mutammimul menegaskan kerja sama kedua pihak harus didasari transparansi, kesetaraan, saling menguntungkan bagi kedua belah pihak, serta tetap memelihara kedaulatan bangsa dan negara.(jri)

Bagaimana pendapat anda? (admin)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: