Oleh: admin1970 | 14 April 2009

IPB Launching UTMI


ipb

Tahun 2009 ini, untuk pertama kalinya IPB membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Ujian Talenta Mandiri IPB (UTM IPB). UTMI merupakan jalur masuk IPB yang berbasis kepemimpinan dan kewirausahaan serta cinta pertanian. IPB akan menjaring sekitar 200–300 calon mahasiswa yang memiliki minat dan talenta yang tinggi dalam kepemimpinan dan kewirausahaan serta cinta pertanian.

”Perlu ditegaskan bahwa jalur ini bukan merupakan jalur untuk menghimpun dana masyarakat melalui penetapan biaya masuk yang tinggi, melainkan untuk menjaring calon mahasiswa yang bertalenta dan memiliki jiwa kewirausahaan untuk mengembangkan ketahanan pangan,” ujar Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof.Dr.Ir. Yonny Koesmaryono,MS saat me-launching UTMI di Ruang Sidang Wakil Rektor Gedung Andi Hakim Nasoetion, Kampus IPB Darmaga (27/3).

Selama ini IPB memegang prinsip education for everyone dalam proses penerimaan mahasiswa baru, yakni melalui (1) Undangan Seleksi Masuk IPB (USMI); (2) Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN); (3) Prestasi Internasional dan Nasional (PIN); dan (4) Beasiswa Utusan Daerah (BUD). Adapun pelaksanaan UTM IPB jatuh pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 13 dan 14 Juni 2009 di Kota Bogor, Medan, dan Surabaya.

Hasil tes akan diumumkan pada tanggal 18 Juli 2009. Kriteria dan perangkat tes telah dirancang sedemikian rupa agar dapat memperluas aksesibilitas dengan memasukkan dimensi karakter kepribadian yang khas untuk dapat menangani masalah ketahanan pangan nasional. Selain itu, perangkat tes juga dirancang agar dapat menjaring talenta calon mahasiswa yang dapat memperkuat pengembangan institusi sesuai dengan Visi IPB 2013 yaitu untuk menjadi perguruan tinggi berbasis riset kelas dunia dengan kompetensi utama pertanian tropika dan biosains serta berkarakter kewirausahaan, yaitu antara lain meliputi pengembangan talenta Kepemimpinan, Kewirausahaan, dan Cinta Pertanian.

Selain itu, mahasiswa yang dijaring harus memiliki kriteria akademik pada kemampuan analisis Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam yang baik, serta mempunyai kemampuan berbahasa Inggris. “Khusus untuk mahasiswa yang terjaring lewat jalur ini, mereka kami wajibkan untuk mengikuti semacam ekstrakurikuler untuk pembinaan softskill kewirausahaan. Jadi ini yang membedakan mahasiswa dari jalur UTM IPB dengan mahasiswa lainnya,” ujar Prof. Yonny. Prof. Yonny juga menambahkan, melalui jalur ini IPB akan memberikan dana beasiswa bagi mahasiswa yang memenuhi persyaratan akademik tetapi kurang mampu secara ekonomi.

“Beasiswa ini khusus bagi calon mahasiswa yang memilih program studi (mayor) yang terkait erat dan secara langsung mendukung usaha ketahanan pangan. Yakni melalui Beasiswa Kewirausahaan dan Beasiswa Ketahanan Pangan. Hal ini merupakan terobosan baru dalam penerimaan mahasiswa IPB,” ujarnya.

Melalui jalur UTM IPB mahasiswa diberi kesempatan untuk memilih semua program studi (mayor) yang ada di IPB. Nama Fakultas beserta Program Studi (mayor) tersebut adalah: FAKULTAS PERTANIAN: (1) Manajemen Sumberdaya Lahan; (2) Agronomi dan Hortikultura; (3) Proteksi Tanaman; dan (4) Arsitektur Lanskap, FAKULTAS KEDOKTERAN HEWAN: Kedokteran Hewan, FAKULTAS PERIKANAN DAN ILMU KELAUTAN: (1) Teknologi dan Manajemen Perikanan Budidaya; (2) Manajemen Sumberdaya Perairan; (3) Teknologi Hasil Perairan; (4) Teknologi dan Manajemen Perikanan Tangkap; dan (5) Ilmu dan Teknologi Kelautan, FAKULTAS PETERNAKAN: (1) Teknologi Produksi Ternak dan (2) Nutrisi dan Teknologi Pakan, FAKULTAS KEHUTANAN: (1) Manajemen Hutan; (2) Teknologi Hasil Hutan; (3) Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata; dan (4) Silvikultur, FAKULTAS TEKNOLOGI PERTANIAN: (1) Teknik Pertanian; (2) Teknologi Pangan; (3) Teknologi Industri Pertanian; dan (4) Teknik Sipil dan Lingkungan, FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM: (1) Statistika; (2) Meteorologi Terapan; (3) Biologi; (4) Kimia; (5) Matematika; (6) Ilmu Komputer; (7) Fisika; dan (Kalem Biokimia, FAKULTAS EKONOMI DAN MANAJEMEN: (1) Ekonomi dan Studi Pembangunan; (2) Manajemen; (3) Agribisnis; dan (4) Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan, FAKULTAS EKOLOGI MANUSIA: (1) Ilmu Gizi; (2) Ilmu Keluarga dan Konsumen; dan (3) Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat.

”Pada tahap awal, Jalur UTM IPB dilaksanakan dengan memanfaatkan data dan informasi dari Program USMI untuk tahun 2009, ditambah dengan beberapa SMA yang diundang secara khusus. Selain itu, Jalur UTM IPB ini juga bersifat terbuka, yakni dapat diikuti oleh seluruh lulusan SMA (IPA) atau yang sederajat untuk kelulusan tahun 2009,” jelas Prof. Dr. Ir. Yonny Koesmaryono,MS. Selain itu, persyaratan tidak buta warna diberlakukan pada program studi (mayor) tertentu dan pendaftaran peserta UTM IPB dapat dilihat pada http://www.utm.ipb.ac.id dimulai dari tanggal 18-29 Mei 2009.

Setiap calon mahasiswa diberi kesempatan untuk memilih maksimal dua (2) program studi yang ada di IPB. Biaya formulir pendaftaran ditetapkan sebesar Rp. 400.000,-. Materi tes mencakup: (1) Tes Potensi Akademik (TPA) yang meliputi Tes Psikologi dan Skolastik, dengan penekanan pada aspek-aspek: Cinta Pertanian (minat yang tinggi terhadap bidang pertanian dalam arti luas sesuai dengan pilihannya), Kepemimpinan (inisiatif, pengendalian emosi, mampu memimpin dan bekerja sama dalam tim), serta Kewirausahaan (jujur, aktif, kreatif, dan inovatif), (2) Tes Bidang Studi Dasar yaitu Tes Matematika Dasar dan Bahasa Inggris, serta (3) Tes Bidang Studi yang meliputi materi Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika.

Sementara itu, dibukanya jalur baru masuk IPB ini terkait erat dengan amanat yang disampaikan oleh Presiden RI (Dr. Susilo Bambang Yudhoyono) melalui Pidato Orasi Ilmiah pada saat Dies Natalis IPB ke-45, pada tanggal 4 November 2008. Yakni, IPB diharapkan dapat menjadi: (1) World Class University; (2) Institut riset bertaraf internasional; (3) Lembaga yang terdepan dalam studi bidang pertanian; dan (4) Pelopor dalam gerakan ketahanan pangan. Hal ini berimplikasi bahwa keberpihakan terhadap upaya mencapai ketahanan pangan harus tercermin dalam tindakan dan upaya untuk menjaring calon mahasiswa yang memiliki minat yang tinggi pada program studi (mayor) yang terkait dengan pertanian dan ketahanan pangan.(zul)

sumber :www.ipb.ac.id


Responses

  1. koq daya tampungnya kecil yah

    pazti susah masuknya

    gmana nie?????????

    aq pingin banged masuk IPB

    • @irfan : daya tampung kecil lewat UTMI, karena ada 4 cara masuk IPB, jadi bagi2. Coba aja mas, asal belajar dan berdoa, Insya Allah bisa! Harus yakin!

  2. […] dan Hortikultura, jadi inget satu setengah tahun yang lalu pas gue mau masuk IPB melalui jalur Ujian Talenta Mandiri IPB (UTMI).  Jadi, dulu itu pas daftar ke IPB para peserta disuruh  berkumpul di Graha Wida Wisuda (GWW) […]

  3. Guy .. Indah .. Menakjubkan .. Saya akan bookmark situs Anda dan mengambil additionallyI feed puas untuk mencari informasi yang berguna begitu banyak di sini di menerbitkan , kami ingin mengembangkan strategi ekstra dalam hal ini , terima kasih untuk berbagi . . . . . .


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: