Oleh: admin1970 | 29 September 2009

Pakai Domain Gratis Untuk Addon Domains


Setelah sebelumnya saya jelaskan bagaimana membuat blog wordpress dengan domain dan hosting gratisan, kali ini saya akan berbagi dengan anda yang telah mempunyai hosting berbayar.

Bagi yang telah menggunakan hosting berbayar, seringkali ada fasilitas addon domains. Dengan fasilitas ini anda bisa menambahkan sejumlah domain pada hosting yang anda miliki. Coba cek dengan masuk ke cpanel misalnya http://www.domainanda.com/cpanel. Coba lihat di bagian kiri dashboard : addon domains. Bila ada fasilas tersebut biasanya tertulis : 0/5 (artinya  anda bisa menambahkan 5 domain, dan anda belum menggunakan satupun), 0/1 (anda punya 1 fasilitas addon domain), dan seterusnya. Sayang bener kalau nggak dimanfaatin. Betul khan?

Jika anda ingin memanfaatkannya, anda bisa menggunakan domain berbayar seperti com, net, org dan lain-lain atau anda juga bisa menggunakan domain gratisan seperti co.cc (anda bisa bikin 3 domain) atau yang lebih baru cz.cc (anda bisa bikin 5 domain). Dalam menggunakannya caranya sama, baik yang berbayar atau gratis. Dan yang penting sama mudahnya.

Saya beri contoh menggunakan domain gratisan co.cc misalnya. Asumsinya anda sudah register di co.cc, langsung cek nama domain yang anda inginkan. Ketika setup anda harus “manage DNS” dengan memasukkan alamat server hosting yang anda gunakan misal :  ns1.host.com dan ns2.host.com.

Setelah itu anda buka cpanel hosting anda, lihat bagian domain, klik “addon domains”. Isikan New Domain Name: cariuang.co.cc (tidak usah pakai www atau http), Isikan kolom Password, Passwor Aggain, dan klik “add domain”.

Kemudian kembali ke depan (cpanel) dengan mengklik “home”.  Cari software, klik “Fantastico de Luke”.  Dengan fasilitas fantastico ini, kita bisa setup web secara otomatis. Misal kita pilih wordpress. Klik “New Instalation”. Kemudian pada “instal on domain” isikan nama sesuai dengan domain anda, misal seperti contoh di atas pilih : cariuang.co.cc. Setelah itu isi semua form, dan klik “instal wordpress”.

Biasanya web anda bisa langsung diakses atau maksimal setelah 24 jam. Silakan langsung cek web anda : misal http://www.cariuang.co.cc atau kalau mau masuk admin area http://www.cariuang.co.cc/wp-admin.

Sudah beres blog/web kita, tinggal diisi kontennya. Berarti anda punya 1 blog lagi……

Semoga bermanfaat

sumber : www.alatcetakuang.com


Responses

  1. salam,
    senang bertemu Anda melalui blog ini saya Agus Suhanto, posting yg oke🙂 … salam kenal yaa

    • Salam kenal juga mas Agus….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: