Oleh: admin1970 | 28 September 2012

Komponen Pangan Hipokolesterolemik: Katekin Teh (bagian 4)


hipokolesterolemik katekin teh

Mari kita lanjutkan pembahasan tentang komponen pangan yang bersifat hipokolesterolemik. Tulisan sebelumnya membahas tentang Fitosterol. Kali ini, tulisan saya akan membahas tentang katekin teh. Pasti anda semua sudah sering mendengarnya.Mari kita simak bersama tulisan singkat berikut. Semoga bermanfaat.

Kita di Indonesia pasti sudah terbiasa minum teh, bahkan mungkin setiap hari.  Biasanya, teh digolongkan menjadi 3 berdasarkan proses pengolahannya. yaitu:

1. Teh hijau, berasal dari daun teh yang tidak difermentasi.

2. Teh hitam, berasal dari daun teh yang telah mengalami proses fermentasi.

3. Teh Oolong, berasal dari daun teh yang telah mengalami setengah fermentasi (tidak full fermentasi).

Kandungan komponen utama dari teh disebut katekin, yang jumlahnya tergantung dari jenis teh dan proses pengolahannya. Biasanya teh hijau kandungan kandungan katekinnya paling besar, diikuti teh oolong dan kemudian teh hitam.

Komponen katekin ini bermanfaat bagi tubuh manusia, Diantaranya dapat menurunkan kadar kolesterol darah. Bagaimana mekanismenya?

Mekanisme katekin teh dalam menurunkan kolesterol plasma adalah sebagai berikut:

(1) meningkatkan ekspresi reseptor LDL melalui aktivasi SREBP 2.  EGCG (katekin utama dalam teh) dapat meningkatkan aktivitas receptor LDL 3 kali lipat dan protein 2,5 kali lipat, ketika diinkubasikan pada sel HepG2.  Pada ransum tikus yang mengandung 2% katekin teh hijau, aktivitas resesptor LDL dan protein meningkat masing-masing 2,7 dan 3,4 kali.

(2) Katekin teh hijau mereduksi kadar plasma kolesterol dengan meningkatkan ekskresi asam empedu dan kolesterol.  Pada hamster yang diberi ransum 0,1% kolesterol, Katekin teh hijau tidak hanya menurunkan kolesterol total dan trigliserida tetapi juga meningkatkan ekskresi sterol netral dan sterol asam.

(3)  Katekin teh menunjukkan mampu menghambat sintesis kolesterol pada kelinci, tetapi tidak pada tikus.

Hasil studi pada manusia pengaruh katekin teh hijau pada kadar kolesterol tidak konsisten, Uji klinis secara random, double-blind crossover study masih diperlukan untuk mengklarifikasi hasil studi yang sudah ada.

 


Responses

  1. […] sebagai bahan pangan yang dapat menurunkan kadar kolesterol darah. Sebelumnya kita telah membahas katekin teh sebagai bahan pangan hipokolesterolemik. Semoga […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: